Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Indonesia

Baca Juga

Bisnis anak muda |
Asuransi kesehatan yang terbaik ialah asuransi yang memperlihatkan manfaat-manfaat pertanggungan , fasilitas-fasilitas , fitur-fitur , penggantian biaya kesehatan terbaik menurut anda dan sesuai dengan kebutuhan keluarga. Karena asuransi terbaik menurut anda belum juga terbaik menurut orang lain. Asuransi kesehatan ialah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut kalau mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Besarnya penggantian sesuai jumlah tagihan dari rumah sakit dengan batasan limit tertentu berdasarkan rencana asuransi yang diambil. Asuransi kesehatan berbeda dengan asuransi penyakit kritis. Asuransi penyakit kritis memperlihatkan pemberian tunai kalau menderita penyakit kritis tertentu. Santunan tunai diberikan satu kali secara lump-sum. Asuransi ketika ini memang telah mengalami banyak perkembangan dimana dahulu asuransi ibarat jaminan kesehatan hanya berfokus pada kesehatan saja dan tidak memperlihatkan dampak apapun bagi bidang yang lainnya. Kini hal tersebut telah berubah dimana jaminan asuransi kesehatan bisa berpadu dengan investasi yang menghasilkan benefit bagi mereka yang telah menandatangani kontrak tersebut. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi , yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Baca Juga : Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Indonesia

Berikut ialah beberapa cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga anda;
  • Perusahaan Asuransi Menggunakan Sistem Cashless
Cashless ialah sistem penggantian klaim yang menggunakan kartu. Dimana si nasabah dipermudah untuk berobat dengan menunjukkan kartu ke rumah sakit yang ditentukan. Keuntungan paling utama menggunakan sistem cashless ialah bahwa penerima asuransi kesehatan tidak perlu menalangi terlebih dulu pembayaran tagihan rumah sakit ketika dirawat inap. Tidak perlu bayar dimuka , yang kemudian masih harus di reimburse ke asuransi (reimbursement). Cari asuransi kesehatan yang menggunakan cashless. Jika asuransinya hanya menyediakan sistem reimbursement , pastikan paham prosesnya ketika nanti harus mengklaim tagihan rumah sakit.

Berikut ialah tips memilih asuransi kesehatan terbaik bagi keluarga anda;

  • Jaringan Rumah Sakit Luas/ Jika ada , Asuransi yang diterima semua Rumah Sakit
Pilih asuransi yang memiliki jaringan kerjasama dengan banyak rumah sakit. Cari yang asuransi kesehatan yang bisa mendapatkan klaim dari semua rumah sakit di dalam bahkan di luar negeri.

  • Pilih Asuransi Menyediakan Asuransi Kesehatan Keluarga
Dalam hal ini , pilihlah perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi kesehatan keluarga. Artinya dimana satu polis asuransi untuk beberapa anggota keluarga. Semua anggota keluarga masuk dalam satu polis asuransi kesehatan keluarga. 

  • Pilih Plafond and Premi yang Sesuai 
Premi yang dibayarkan tentu harus sama sesuai dengan kemampuan anda membayar. Jangan nantinya ketika berada ditengah jalan berhenti alasannya tidak sanggup membayar. Sesuaikan premi dengan kemampuan , jangan malah memberatkan keuangan Anda. Meskipun seringkali tidak mudah , alasannya soal kesehatan , misalnya pemilihan kamar rumah sakit , orang lebih emosional dan cenderung ingin nyaman serta mengagumkan , yang implikasinya harga kamar yang mahal.

Baca Juga : Tips Tepat Membeli Asuransi Jiwa (Life Insurance)

  • Perhatikan Cara Penggantian Klaim
Secara umum , ada dua jenis penggantian , yaitu:
  • Pertama , penggantian berdasarkan tagihan biaya perawatan di rumah sakit. Asuransi kesehatan menetapkan plafond terpisah untuk biaya kamar , biaya dokter , biaya obat , biaya lab , biaya operasi , biaya seorang andal dan lain-lain. Dengan sketsa ini , penerima tidak akan mengalami overplafond (yang diganti lebih kecil dari tagihan) sehingga harus menombok dari uang sendiri.
  • Kedua , pemberian harian rawat inap (cash plan). Jenis ini tidak melihat berapa tagihan dari rumah sakit. Ketika sakit , jumlah penggantian dari asuransi jumlahnya tetap , yaitu sebesar pemberian harian dikalikan jumlah hari dirawat. Risikonya ialah penerima harus merogoh kocek sendiri kalau tagihannya besar.
Baca Juga : Asuransi Rumah : Manfaat , Tips dan Cara Menghitung Premi Asuransi Rumah
  • Prioritaskan Rawat Inap/ Ketahui Syarat Rawat Inap
Sebaiknya fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap alasannya perawatan ini yang biayanya paling besar. Jika memiliki uang lebih , bisa mengambil embel-embel asuransi rawat jalan. Perhatikan juga syarat rawat inap yang diberlakukan oleh pihak asuransi. Banyak yang berpikir bahwa setiap rawat inap maka asuransi kesehatan pasti akan menggantinya. 
  • Rawat inap harus dilakukan di rumah sakit. Jika rawat inap di klinik , pihak asuransi tidak akan mengganti. Pastikan dengan pihak asuransi , apa yang dimaksud rumah sakit.
  • Berapa lama rawat inap yang disyaratkan biar bisa klaim ke asuransi eksehatan. Ada yang menetapkan 1 hari rawat inap sudah bisa diklaim , tapi ada yang mengharuskan minimal 2 hari rawat inap. Ada yang hanya di UGD (tidak perlu masuk kamar dulu) selama minimal beberapa jam , sudah bisa diklaim , ada yang tidak.

  • Usahakan Pembayaran Auto Debit Kartu Kredit
Walaupun tidak terlalu penting. Namun , untuk lebih mengehemat waktu dan lebih terang tentu. Mungkin anda juga perlu mempertimbangkan cara pembayaran premi asuransi kesehatan anda yang auto debit atau kartu kredit.

  • Hindari Membeli Asuransi Kesehatan via Telpon
Hal itu sering terjadi pada orang yang memegang kartu kredit. Dengan alasan harus melalui telepon , sebaiknya jangan diambil. Walaupun murah , sangat direkomendasikan mengambil asuransi kesehatan dari distributor atau lebih baik eksklusif ke kantornya.

  • Masa Tunggu Penyakit/ Jenis Penyakit Yang Ditanggung Pihak Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan mensyaratkan masa tunggu , beberapa penyakit tidak dapat diklaim selama jangka waktu tertentu semenjak tanggal masa berlaku asuransi.