Apa Itu Asuransi Pendidikan? Manfaat Utama Asuransi Pendidikan Anak

Baca Juga

Bisnis anak muda |
Asuransi pendidikan ialah produk asuransi yang menjamin kepastian dana pendidikan dalam perencanaan masa depan buah hati yang dapat digunakan untuk biaya pendidikan di ketika kondisi pencari nafkah , sehat , sakit kritis , bahkan meninggal sesuai premi yang disetorkan. Asuransi pendidikan , menunjukkan santunan atau proteksi kepada orang bau tanah sebagai pencari nafkah. Sekaligus menunjukkan kepastian dana pendidikan , jikalau terjadi sesuatu dengan orang tua. Tujuan utama dari asuransi pendidikan ialah mengalihkan risiko belum dewasa anda tidak mampu melanjutkan pendidikan jikalau ada hal buruk terjadi dalam hidup kita sehingga kita tidak mampu lagi mencari uang. Pendidikan ialah harta yang sangat mahal harganya. Asuransi Pendidikan sudah merupakan suatu kebutuhan bagi para orang bau tanah di Indonesia yang ingin menyiapkan pendidikan yang baik bagi anaknya. Konsep asuransi pendidikan anak yang ditawarkan perusahaan asuransi mampu berbeda , anda mampu bandingkan dan sesuaikan dengan kebutuhan keluarga anda. Asuransi pendidikan merupakan produk dari perusahaan asuransi , dan bank hanya berperan sebagai biro penjual unit-link.

Asuransi Pendidikan menunjukkan manfaat santunan jiwa dengan menanggung resiko tamat hidup atas anda , yaitu menjanjikan sejumlah uang tertentu jikalau anda sebagai orangtua meninggal dunia. Uang pertanggungan yang diberikan ini biasanya diadaptasi dengan biaya pendidikan anak anda menyerupai yang sudah disepakati dalam polis. Bila terjadi resiko meninggal pada orang bau tanah maka polis close dan akan keluar manfaat sejumlah uang pertanggungan yang kemudian dapat digunakan untuk memenuhi seluruhdana pendidikan. Bila terjadi resiko penyakit kritis atau Cacat Tetap Total pada orang bau tanah dan atau pasangan akan keluar manfaat stop bayar dan dilanjutkan pembayarannya oleh asuransi sampai usia orang bau tanah 65 thn.

Jika tidak terjadi hal tersebut pada orang bau tanah dalam masa pendidikan , maka saldo dana investasi dapat digunakan untuk memenuhi tahapan dana pendidikan dan selesai masa pendidikan , maka polis dapat dilanjutkan untuk rencana keuangan lainnya menyerupai dana pensiun , dana wisata sampai warisan.

Asuransi Pendidikan umumnya dibagi menjadi dua bab , yaitu
  • Investasi : bertujuan untuk mengumpulkan dana sehubungan dengan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang
  • Proteksi : bertujuan untuk melindungi dan menjamin biaya kesehatan anak ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Manfaat Utama Asuransi Pendidikan :
  • Dapat dijadikan sebagai tabungan jangka panjang , dan umumnya jangka waktu yang diberikan berkisaran 10 tahun.
  • Asuransi pendidikan memiliki banyak manfaat proteksi , menyerupai asuransi jiwa , dan asuransi kesehatan. Makara apabila tertanggung mengalami kondisi kesahatan buruk , maka biaya pengobatan dan rawat inap ditanggung oleh perusahaan asuransi. 
  • Karena pada asuransi pendidikan marupakan sebagian dari investasi , maka bunga yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Besaran dari bunga yang diberikan , berkisar 15%-23% per tahunnya.
  • Salah satu fitur yang menarik ialah santunan terhadap resiko tamat hidup pada Anda yang mengakibatkan setoran premi asuransi terhenti sementara si anak belum menerima dana pendidikannya secara utuh , maka pihak perusahaan asuransi menjamin dana pendidikan akan tetap diberikan. Dengan mengambil asuransi pendidikan berarti Anda menabung sekaligus mengambil asuransi jiwa secara bersamaan. Bagi orang bau tanah yang ingin membeli asuransi jiwa dan dana pendidikan anak secara terpisah tentunya produk asuransi pendidikan menjadi tidak efektif dalam persiapan dana pendidikan anak. (cermati.com)